Minggu, 22 Maret 2009

Habis Manis Friendster Dibuang

Kalo friendster bisa ngeluh maka aku yakin fs akan nyanyi lagu mabok janda versi internet sebagai berikut ‘Sudah mabuk minuman, ditambah lagi judi, masih saja kamu tergoda facebook orang, tak sudi ku tak sudi…’ tapi apa hubungannya dengan mabok dan judi? Wodehel, yang jelas sekarang yang namanya facebook alias fb ini lagi ngebooming banget di Indonesia, di tipi diberitakan ada anak yang ikut lomba puisi sambil mengeluh di puisi bagaimana ibunya lebih memperhatikan fb dari dirinya, belom lagi ada yang cerai hanya karena sang suami mencantumkan status single di fb- nya, dan kenyataan lain terkait fb yang tidak sanggup aku tuliskan karena sangat menjijikan (kebetulan aku keburu mencret waktu ngeblog) . Luar biasa.


Pertama kali aku kenal fb 2 taon lalu biasa2 aja gitu, ngga ngefek sama sekali, mungkin karena dulu anak indonesia masih cupu2 dan tersihir dengan mejik dari fs. Akan tetapi lihatlah sekitar anda sekarang (di sekitarku banyak lalat yang mulai mencium bau tokai), no fb = cupu = ngga’ gaol getoh.

2 bulan yang lalu teman imajinerku yang numpang di kamarku dari aku lahir ngomong kayak ini ‘yas, cepetan buat fb, klo ngga’ kamu termasuk golongan orang2 yang cupu, liat! aku aja udah kena mabok facebook niy’ dia ngomong sambil keluar busa muncrat2 dari pantatnya.

Setelah melakukan riset yang cukup mendalam, sampai2 aku harus ke amerika untuk mendapatkan kepastian riset tersebut (ngga’ percaya masuk surga), maka didapatlah bukti ototentik mengapa fb dapat menggantikan posisi fs di hati netter2 indonesia.

1.jauh dari format pendaftaran fs sebelumnya, harus diakui pendaftaran fb lebih mudah, begitu mudahnya sampai2 dapat dilakukan dengan posisi kayang.

2.lebih mudah menambah teman, tinggal klik add lalu masukkan kata verifikasi, selesai. Dibanding dengan fs yang ngejelimet belum lagi harus tau email/nama asli orang tersebut. Selain itu fb juga memberi fasilitas tambahan seperti teman yang disarankan sehingga walau kita ngga’ invite teman, dengan sendirinya teman yang datang ke kita dan mutual friend yang menunjukkan teman yang sama2 kita miliki. Seru kan.

3.widget2 keren yang bertaburan di f b jauh lebih banyak dan variatif dibanding fs, di antaranya: game online, personal widget, video, note, dmbl (dan masih banyak lagi)

4.yang paling seru dan sangat tidak terpikir oleh managemen fs adalah layanan online friend for chatting, dimana kita bisa chit-chat dengan teman2 kita yang sedang online.

5.mblytbasspskkdkdmkjt (masih banyak lagi yang tidak bisa aku sebut satu per satu karena kalo dibahas keseluruhan dapat mengakibatkan kanker jari tangan)

Lalu bagaimana dengan nasib fs? Penurunan pagerank fs drastis terjadi. Temen2 aku yang biasa nongkrong di bulletin fs, sudah hilang dari peredaran bulletin tersebut.

‘enakan pake fb, lebih seru’ kata salah seorang temanku yang tidak mau disebutkan namanya, maka kita sebut saja mawar (bukan… bukan aku yang perkosa). Padahal dulu mawar dapat dibilang fsholic, setiap hari nongkrong di warnet depan lorong ngotak-ngatik fsnya dengan liar. Sampai2 pernah suatu ketika aku liat sendiri dia melototin fsnya dalam posisi merem, kukira dia ketiduran di depan kompi, ternyata eh ternyata dia ngenet sambil ngupil. Keren abis.

Cerita unik lainnya berasal dari anak kos di samping rumah yang sumpah, katrok2 ngga’ jelas gitu (kita sebut saja rian jombang), buktinya dia pernah bilang waktu ngetik tugas di rental ‘mas, kok komputer ini ngga ada untuk nulis huruf besarnya’, tapi 2 hari yang lalu aku liat dia di sebuah warnet sendirian dengan muka mesum ngeliatin monitor kompi di depannya, ternyata si rian jombang lagi chatting dari facebook. ‘keren abis’ aku membatin dengan takjubnya seakan2 aku baru mengetahui bahwa bapak kandungku adalah hokage keempat.

‘hei, lagi ngapain?’ aku nanya dengan senyum ditahan

’eh, mas ayas, ini lagi chatting di fb’ katanya dengan mantap

‘ngga’ maen fs aja gitu, kan fs ngetop’ kataku mau ngibulin

‘HAH… fs? Hare gene, udah ketinggalan jaman mas. Haha…’ ketawa puas seolah2 aku cupu secupu2nya

‘jangan gitu dong, aku juga udah lama punya facebook tapi ngga’ lupa sama fs’

‘o, kirain belum punya fb mas, males ah maen fs’ jawabnya gaya dengan muka ngga’ percaya aku punya fb

Taiiik… aku sudah diremehkan oleh orang katrok kayak itu. Sempet terlintas di otakku waktu itu untuk mengeluarkan rasenshuriken dan menghantamkannya ke kepala si rian jombang, berhubung aku takut identitasku ketauan pain, maka dengan terpaksa kuredam amarah tersebut.

So, bagi temen2 sekalian, terutama si mawar dan rian jombang anak katrok, jangan lupakan fs kalian, hargailah karena fs lah yang membuat anda melek dengan yang namanya situs persahabatan.

Nb: setelah diprediksi dengan software survey tercanggih punya amerika yang kupinjam waktu kesana, tahun 2010, Indonesia akan mabok blogging. So, bagi yang belum ada blog, buat lah sekarang terutama rian jombang anak katrok :@

Nb lagi: untuk sementara aku akan absen ngeblog dalam waktu yang lama because harus mempersiapkan diri untuk sidang kerja praktek di kampus. Doain yah :)

Nb lagi ah: tolong doanya untuk kemenangan Liverpool hari ini lawan Aston villa :D

6 komentar:

  1. KEJAAAAMMMM..OOH KEJAAAAAMMMM...PREEENSTEERRRR..OOOOO...PEEESSSBUUUKKKKKK... .... WAKAKAKAKAKAKAKA .... KEREN POSTINGANNYA brooo .... geli2 perut aku bacanya ... jangan lupa lupa pilih kami "13" ... pemilu kalee..hahahaha

    BalasHapus
  2. kasihanilah kami, janganlah diriku dibuang hiks-hiks-hiks

    BalasHapus
  3. iy bener niy sob, dulu friendster bagaikan raja situs jejaring sosial di Indonesia,tapi semenjak ada facebook, FS mulai keilangan tajinya...

    BalasHapus
  4. FS FB memang sangat membantu kita dalam bersosialisasi...

    Nah... sekarang ada PalembangCindo.web.id
    http://www.palembangcindo.web.id

    Created for WongKitoGalo !!!

    BalasHapus
  5. :))

    bnr jga tuu...

    ah iyaah.. shoutmix'Q crash IP'na.. nda bs chat2 dech..

    pa khabar nii.. mkin bgz aza bLog na.. ehehehehe..

    aQ br OL lg... kmrn2 net smpet error tyuz ada kerja project jg.. :((

    BalasHapus