Sabtu, 23 Mei 2009

Jauh di Mata Dekat di Hati


Kemarin aku ditelepon Halim, teman seperjuangan ketika kerja praktek (kp) di pt newmont nusa tenggara (ptnnt), sumbawa, NTB. ‘Yas, sekarang si Wahab ada di Malang sama aku,’ kata Halim di telepon. Si Wahab putra asli Sumbawa yang mencoba merantau di tanah Jawa, pikirku. ‘Ngapain dia disana?’ aku nanya. ‘Katanya dia mau ***** cewek Malang’.

Anjrrriiing pake kancrrruuut… mulia sekali niatmu merantau, Nak.

Oke, lupakan si Wahab yang ngga’ penting itu! Karena sekarang aku jadi keinget pengalaman 2 bulan di NTB. That’s what i wanna share to you this time.

Setiap mahasiswa teknik pertambangan harus melaksanakan kerja praktek, yang menjadi syarat mutlak sebelum skripsi. Jadi, aku dan Irga mengirim proposal kp ke ptnnt. Sebulan kemudian surat balasan datang, ‘Maaf, untuk kali ini kami hanya menerima satu orang dari kalian,’ isi email dari ptnnt. Keputusannya, aku berangkat sendirian ke NTB.

Lion Air-ku (serasa milik pribadi) sampai di Lombok jam 2 pagi, untungnya aku punya keluarga disana yang menjemput. 2 hari pertama kuhabiskan keliling Lombok bersama pamanku. Dari yang kulihat dan cerita paman, aku mendapat fakta berikut:

1. Cewek Lombok orangnya hitam. Kecuali yang campuran Bali, anaknya manis, wajah eksotik, cantik, pokoknya enak banget diliat.

2. Selain angkot, angkutan umum di Lombok adalah Cidomo, sama kayak Delman. Masalahnya si kuda boker sembarangan, jadi jangan kaget kalo banyak tokai kuda bertaburan di jalan. Saran: wc umum khusus kuda gitu.

3. Pantai Senggigi itu kotor, ngga’ seindah yang dibayangkan.

Untuk sampai di ptnnt aku harus menempuh rute darat dari Lombok ke pelabuhan terus naik kapal milik ptnnt ke Sumbawa. Kayaknya sopir travel disana mantan pembalap f1 semua, udah tau jalan sempit, eh malah ngebut uring2an, belum lagi lampu merah asal terobos. Ckck.. jangan ditiru sodara2! Waktu di dalam kapal ferry, wuihh pemandangan lautnya indah banget. Rasanya mau berenang aja, siapa tau ketemu putri duyung, sayangnya aku ngga’ boleh beranjak dari kursi penumpang.

Akhirnya setelah menempuh perjalanan 5 jam sampai juga di ptnnt. Wilayah ptnnt luas banget, ribuan Ha. Setiap orang punya id card masing2, jadi hanya karyawan yang bisa masuk. Aku mendapat hak: kamar ber-ac, makan gratis, fasilitas olahraga dan hiburan gratis, uang saku 500 ribu/bulan.

Pertama2 disana rasanya sih asyik2 aja. Makan enak terus, pakaian ada yang urus, mandi bisa aer panas/dingin, kerja dijemput, berenang dan billiard gratis. Tapi karena harus melakukan kegiatan yang sama terus menerus, ketemu orang itu2 aja, bangun jam 5 pagi biar ngga’ terlambat dan tidur jam 10 malam biar ngga’ kesiangan which is beda banget dengan kebiasaaanku yang biasa tidur kepagian dan bangun kesiangan, lama2 bosen juga.

Satu hal yang paling kusesalkan menjadi mahasiswa teknik pertambangan adalah kami kekurangan teman cewek. Dari 80 teman seangkatan cuma ada 4 orang cewek. Jadi bisa dibayangkan bagaimana dunia kerja di pertambangan. Di ptnnt dari ribuan orang aku hanya bisa menemukan puluhan cewek, kebanyakan sudah emak2 lagi.

Beginikah nasib anak tambang kelak? Tidaaak… (takut disodomi).

Untungnya teman2 mahasiswa disana ada yang berasal dari daerah sekitar, jadi kalo hari minggu kami bisa jalan2 keluar ptnnt. Liburan pertama diawali jalan2 ke pantai Maluk. Gila, tuh pantai lebih indah dari Kuta.


Takut Dikenali Polisi                       "Apa Lo Liat2?”

Minggu berikutnya main ke kampung si Wahab di Taliwang, yang terkenal dengan ayam bakarnya itu lho. Sumpah! Kalo masalah masakan, orang Sumbawa jagonya. Aku ngga’ pernah makan ayam bakar seenak ayam bakar Taliwang, belum lagi cah kangkung dan masakan ikan yang namanya sepat. Maknyus banget.

Di Sumbawa memang ceweknya kebanyakan hitam seperti di Lombok, tapi di daerah sekitar Taliwang, ceweknya banyak yang putih2 dan cantiknya itu unik. Yang paling buat aku heran, 90% cewek disana berdada besar (10%nya cewek berjakun). Busyeet, makan apa yak?


“Kami bukan IMAHO (Ikatan Mahasiswa Homo)”

Pokoknya kalo ngga’ ada teman2 yang gokil2 di atas entah apa jadinya 2 bulan disana. Thx banget fren (si Halim katanya sering mampir ke blog ini), meski kita udah di kampung masing2, tapi keep in touch jalan terus. Salut!





Nb: Ternyata award ngga’ ada musimnya, minggu ini dapet award dari Ge, thx ya :)
Award ini kuberikan juga kepada siapa saja yang belum punya.

51 komentar:

  1. seru tuh sepertinya.. hehehe, bagibagi cerita lagi dunk :)

    makasih iia uda mampir di blog saia. sekarang giliran saia deh yang mampir :)

    BalasHapus
  2. Hai Ayam...perasaan dari awal sampai akhir penelitian soal cewe mlulu
    tapi kenapa gambarnya gak ada cewe sebijipun??

    BalasHapus
  3. ceritanya seru deh,.... kisah perjalanan yang dibungkus dengan Award.
    Iya nih.... foto cewe'nya mannna ,...??

    BalasHapus
  4. jadi memoar lagi nih jalan2 ke lombok dulu...:D
    sempet jd koboi ngga..??

    BalasHapus
  5. akhirnya komenku masuk juga, uangel buanget mas masuknya, captcha nya dipertimbangkan donk... :-t

    BalasHapus
  6. klo ke lombok pasti ke pantai senggigi yahh....

    BalasHapus
  7. akhirnya bisa blogging lagi setelah seminggu hiatus gak berkunjung ke temen blogger semuanya..... hehehehe

    sekalian juga mau jadi follower niy biar gak ketinggalan apdetannya.....

    BalasHapus
  8. Lombok lagi.... Lombok lagi... dah dari jaman kapan tuh mang??!

    anak tambang 'irit' ceweknya yah?! ati2 bujang tuo mang,, huehehehehe... :p

    BalasHapus
  9. weh jalan2 yach asik neh, KP kan cuma bentar,selebihnya ya jalan2 hahaha...

    kapan ya bisa kesana?

    ngemeng2 pa kbr pasar lemabang? dah lama ga maen ksana, Ombung dl jg pernh tinggal di Palembang di Jl sutan syahrir lorong anggrek 5 ilirrrrrrrrrrrr

    BalasHapus
  10. wuih mantab juga iah perjalanan sobat nih, saia mah walau dari jabar tau nya cuma sumatra doang, eh ntar klo ksana lagi titip susu kuda sumbawa, klo gag ada susu kuda sumbawa susu wanita sumbawa juga bole koq, he,,he,,, *kabuuur*

    BalasHapus
  11. selamat yaa dah dapetin ewotnya

    BalasHapus
  12. emmm.. blm pernah k pantai.. bikin sirik..

    BalasHapus
  13. seru abis, hehehehe genk bang ayas gituh lho :D

    selamat deh buat ewotnya

    BalasHapus
  14. ada yang kurang yas,.....

    wahab putra samawa,....

    BalasHapus
  15. mau tau jawabannya gak,...

    wahab putrra samawa,....

    BalasHapus
  16. jauh di manta dekat di hati, hati dekat lambung, lambung dekat pembuangan, duh kasihan teman-teman tuh......

    Bwa hahahahahaha..... kaburrrrrrrr...

    BalasHapus
  17. woow...keren jg di lombok yoo...jadi pengen :D

    BalasHapus
  18. kkekekekekkeke,ceritanya seru yas....Dan aku percaya kok ayas bukan imaho.....

    BalasHapus
  19. hihihihihi perjalanan jaman dulunya seru ya,....


    sopir travelnya diajak adu aja ma bajaj.. hihihi liat sapa yang paling jago...

    jadi pengen ke lombok :)

    BalasHapus
  20. emang kalo pergi ke pantai maluk, mukanya langsung berubah secara otomatis jadi kaya gitu ya?

    BalasHapus
  21. :)) lucu euuyyyy,,,,,

    tp seru jg ci sob,,,hehehe,

    BalasHapus
  22. Wah seru juga tuh kisahnya sob, jangan lupa baca juga kisah saya di Bali. Emang ayam taliwang enak, saya pernah makan sewaktu di Gianyar, tempatnya enak lagi, jadi makin mantap dech hehehhe
    Ada yang ngalahin pantai Kuta yach? Pantainya atau turis2nya nich? hehhehe
    Jadi pengen ke Lombok nich, liat yang berdada besar heheheh

    Regards,
    Ghustie Samosir
    www.hanyainfo.blogspot.com

    BalasHapus
  23. Ada yang kurang nih Yas, napa lo gak bilang gimana perasaan lo saat ngeliat cewek2 berdada besar?????

    BalasHapus
  24. wah bertuah award sudah melanglang buana
    senggigi kok kotor? coba liat yang dipinggir hotel damaris bagus deh
    langsung ke gili trawangan aja bro

    salam bloger bertuah pekanbaru

    BalasHapus
  25. wkekekekeke.. ketauan kalo liat ce, yg diliat pertama yang besar2.. hahaha..

    BalasHapus
  26. ekekeke.... saiya plesetkan bro
    "Jauh Dimata Deket Tak Culek"... xixixixi... kidding sob...

    Emang bener juga tuh Persahabatan yang sejati lebih indah dari segalanya....

    BalasHapus
  27. tapi cewek cantik gak harus putih kan???
    :)

    BalasHapus
  28. :)) ada ada aja ceritanya

    bayangin ayam bakar taliwang jadi ngeces nich...

    BalasHapus
  29. *selidik selidik* kamu homo beneran yaaa....
    hiiiy....kabuurr

    BalasHapus
  30. ass.
    buset, cowok semua yas. tuh yang paling pinggir siapa?
    wassalam

    BalasHapus
  31. wah ceritanya seru, dan rada gimana gitu kalau inget sm tmn2 yg nun jauh disana....

    n selamat awardnya...

    BalasHapus
  32. selamat buat awardnya aja deh..

    BalasHapus
  33. Terimakasih telah menyapa Ijo...
    Maap, baru sempat berkunjung balik...

    BalasHapus
  34. Pantai.. jadi pingin main .. lama gak plesiran.. asyik tu kayaknya.

    BalasHapus
  35. enak yg bisa bepergian ke pantai, apalagi pantai lombok. yuk kapan2 ke bunaken..

    BalasHapus
  36. sekalian minjam ikon follow

    BalasHapus
  37. ngomomgin pantai, teringat ktk masih sekolah dulu, mbolos sekolah sekedar tuk di pojok ombak yang menyibak...

    BalasHapus
  38. wah, jadi pengen kesana. Mo nganter ga? :D

    BalasHapus
  39. Banyak cerita ceweknya, entar diposting juga gambarnya ya??? :D

    BalasHapus
  40. seru pengalamannya..pulangnya bawa cewek ya?? kok gk diceritakan sich??

    BalasHapus
  41. IMAHO juga gak papa. he he he.mana mo ngaku sih? ha ha ha..canda ya, bro..

    BalasHapus
  42. apa kabar wong kito???

    sekedar mampir , kasih komen , biar tambah naik PR nya...

    BalasHapus
  43. akhinya bisa mampir lagi kesini. soale abis ngilang lama ga jelas kemana.
    tapi yang pasti jauh dimata deket di hati

    BalasHapus
  44. hhmmm,,,kyknya pada seneng ke sini ya,,,,,ikutan deh,,,,he3,,,

    BalasHapus
  45. Alluuww,,,kak ayas,,,,
    kita bertemu di dunia Maya...
    hahahaha.. =))
    seru nian kak ceritonyo

    BalasHapus
  46. enak bc postingny kak...
    kl yg laen ngasih award, asty kasih julukan ..
    OTW.. bkan on the way..
    tp ..ow'ayas tasli wiguna..^^

    BalasHapus