Minggu, 21 Juni 2009

Aku Mau Ditolong Iblis


Hi guys, whazup? Moga2 sehat selalu. Aku mo cerita ne… Jumat kemarin sebenernya aku ngga’ mo solat jumat karena ngga’ enak badan. Tapi namanya penyakit kalo dikuti semakin menjadi, maka aku paksakan untuk solat jumat juga, hitung2 nambah pahala kali yee.

Aneh bin ajaib ketika si khatib berkhutbah, aku ngga’ ngantuk. Biasanya sih mata cuma kebuka seperempat sambil melamun ngga’ jelas.
Tips singkat: Insomnia bisa disembuhkan dengan mendengarkan khutbah jumat.

Karena mata segar, jadi daripada ngayalin Aura Kasih yang ngga’ mungkin juga ngayalin aku, aku mendengarkan khutbah dengan seksama. Berikut penggalan khutbah si khatib:

“Ikhlas adalah sifat tertinggi yang dapat membawa manusia kepada kebahagian dunia dan akhirat. Alkisah ada seorang laki2 yang sangat kaya raya, rumahnya bak istana, dan mempunyai isteri dan anak yang banyak. Suatu saat Allah mengujinya dengan kehilangan semua isterinya, lalu anaknya, dan juga seluruh hartanya. Sehingga laki2 itu tinggal sendirian dan hanya memiliki 3 lembar pakaian.

Akan tetapi dia tetap sabar dan ikhlas akan ujian yang diberikan Allah. Suatu saat ketika dia mau menuju masjid, setan menahan kakinya sehingga dia terjatuh, lalu dia hanya senyum dan pulang ke rumah untuk mengganti baju. Beberapa saat kemudian dia terjatuh lagi karena kakinya ditahan setan, lalu dia pun tersenyum kembali, terus pulang ke rumah dan mengganti baju terakhir yang dia punya.

Sampai di masjid dan setelah mengambil air wudhu, ketika dia mau masuk masjid, dia terpeleset lagi, kali ini ada seorang laki2 berbaju putih yang menahan dia agar tidak jatuh.

‘Terima kasih. Mari kita solat bersama,’ katanya.

‘Aku tidak solat, karena aku adalah Iblis,’ jawab laki2 berbaju putih itu.

‘Hah… lalu kenapa kamu menolongku?’

‘Tahukah kamu, ketika kamu jatuh pertama kali lalu ikhlas dan tersenyum, pada saat itu juga Allah menghapuskan seluruh dosa2 isteri2 dan anak2mu. Ketika kamu jatuh yang kedua kali, lalu kamu ikhlas dan tersenyum, ketika itu juga Allah menghapuskan seluruh dosa2 tetangga2mu. Aku takut ketika tadi kamu terjatuh lalu kamu akan ikhlas dan tersenyum lagi maka Allah akan menghapus seluruh dosa2 manusia di bumi sehingga aku tidak akan memiliki teman di neraka kelak.’ ”

Ketika mendengar akhir kisah itu, jujur hati kecilku tersentak. Oke, aku memang cowok biadab yang malas solat dan jarang beramal soleh, tapi setiap manusia tentunya punya sedikit iman untuk menyadari kesalahan dan berniat berubah.

Pepatah mengatakan tak ada gading yang tak retak dan tak ada kentut yang tak bau. Intinya nobody’s perfect. Aku bukanlah manusia suci yang selalu mendekatkan diri kepada tuhan, tapi aku juga bukan manusia munafik yang sok menjauhi larangannya. Harus kuakui, bukan hanya mukaku yang jelek tapi sifatku juga jelek. Salah satunya adalah suka ngatain orang.

Ceritanya, kemarin aku main ke tempat kursus Irga dan Nanda, 2 sohib kentalku. Kami mo liat nilai test TOEFL Irga n Nanda. Ternyata nilai Irga no.3 tertinggi dan Nanda no.6 tertinggi. No.1 terpampang nama Ramdhani. Sifat jelekku muncul, aku spontan ngomong,

‘Yaaa… Ga, masa kamu kalah sama si Ramdhani goblok ini (tentunya aku ngga’ tau siapa si Ramdhani).’

Sebenernya ngga’ salah sih (masih mo menang sendiri) aku mo memotivasi mereka biar lebih rajin belajar untuk meningkatkan skill b. inggrisnya. Masalahnya beberapa saat kemudian si Nanda nyolek pundakku terus nunjuk cowok di sampingku.

Yup! Cowok itu adalah si Ramdhani. Waktu aku liat dia, eh dia ngeliat balik dengan tatapan tajam, dari auranya sih kerasa banget dia marah dibilang goblok. Sementara aku hanya bengong kayak orang bego, uppss… sebenarnya emang bego.

Baiklah, Ramdhani! Dimanapun kamu berada, sebenarnya aku bukan bermaksud menghina, Maaf yak. Buat adek2 di rumah, ingat! Jangan pernah menghina orang lain! Dan memafkan itu sangat baik untuk kesehatan!

Jadi, kalo kodok berasal dari kecebong dan kupu2 berasal dari ulat, maka Ayas berasal dari sperma (?). Maksudnya, aku butuh proses untuk berubah, everything needs process, man. Dan suatu saat mudah2an aku akan ditolong Iblis. Amin :y

45 komentar:

  1. ckckck.. makanya bertobalah mang sebelum terlambat,, hahahaha...

    "Aku bukanlah manusia suci yang selalu mendekatkan diri kepada tuhan, tapi aku juga bukan manusia munafik yang sok menjauhi larangannya"

    kayaknya yol dah berulang kali denger kalimat ini dari ayas deh,, hohoho...

    just be your self mang :D

    BalasHapus
  2. cihuuuyy... dapet yg pertama lagiiiii,, hihi... :))

    BalasHapus
  3. minta maaf dulu sono, sebelum dendam makin mendalam x(

    BalasHapus
  4. Alhamduli-Llah...
    Hasrat kuat untuk berubah,
    semoga bersama Qudrah dan Iradah,
    sehingga jalan Dia permudah,
    untukmu, kawan, dan kita se berantah,
    menuai hikmah dari sholat jum'ah...

    Sungguh, kawan,
    aku mendadak "iri" dgn keberuntungan,
    yang padamu Allah ruahkan:
    Entah cepat atau pelan,
    ku ingin barokah yang sama kurasakan...

    Selamat, Sobat,
    atas nikmat menunai sholat,
    yang tak semua dapat terciprat...

    BalasHapus
  5. Wah, jarang lho yang sholat jumat dengerin khotibnya :), tapi sobat Ayas malah dengan baik menceritakan kembali. Tapi ngomong2 itu iblis bego bener ya, kalo g mau ikhlas ya jangan di jatuhin yang ketiga kalinya. Udah mau dijatuhin eh pas mau jatuh ditahan lagi he..he..

    Biarin ngatain iblis goblog, emang iblis goblog bin bego alias dungu. Wong dikasih surga kok g mau, itu kan namanya tolol ya :P

    BalasHapus
  6. Abis ganti template ya, keren banget sob. Udah biarin aja, belum tentu yang peringkat satu itu emang pinter kok (sok ngebelain :))

    BalasHapus
  7. ya jgn pernah menghina kalo gak mo dihina.

    BalasHapus
  8. hahahhahhh..syukurin lo...makanya jangan suka ngatain orang dibelakangnya...ngatainnya didepannya langsung aja heheh....

    ehhh btw..lo minta maaf ga ma org itu???

    BalasHapus
  9. :D gak ada manusia yang sempurna walaopun
    Alloh bilang kita adalah mahlus sempurna tapi malah lebih ganas dari binatang buas.

    templatenya cerah,bagus,cakep moga nambah semangat ya Yas...
    netbookku udah sehat tanpa perlu di bawa berobat. Alhamdulillah

    BalasHapus
  10. Terbayang muka merah merekah nya Ayas saat tau sapa si Ramdhani...xixixixi....

    Perubahan harus terjadi jika inginkan suatu kemajuan.....Ayas dah mau mulai sekarang..PRof kapan ya..???

    Apa harus dijegal ibis duluan? atau tertusuk lirikan tajam...? Mbuhlah...semoga segera....

    BalasHapus
  11. sore...
    ga bisa komen panjang neh
    net di warnet sehhhh

    BalasHapus
  12. semoga kata kata "manusia tempat salah dan lupa" bukan menjadi sebuah pembenaran

    mumpung masi ada kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik

    siapa yg tau jatah umur kita
    hehehe kan ga bagus juga kalo kita mati pas ngumpatin orang

    BalasHapus
  13. :? kalimat terakhir agak bikin bingung

    tapi yang jelas henny mendukung niatmu untuk bertaubat.

    BalasHapus
  14. wuahahhahahaha,,, tips khutbah pengusir insomnia beneran ya ??

    soalnya saya selalu pingsan pas jumatan wkwkwkkw, tanya kenapa ?

    BalasHapus
  15. makanya yas... jangan temenan ma iblis dunk... hakhakhakhak

    bagus bgt ceramahnya pak ustadz. kalo jumaatn kayak gitu, dengerin pengajian bukannya numpang bobok di amsjid kalo jumaatan. gimana sih ayas *ditakol ayas pake bakiak*

    BalasHapus
  16. allohu akbar...cerita khotib yang indah....moga kita selalu berubah menjadi yang baek dan baek lagi ...amiiin

    BalasHapus
  17. oiya selamat templet barunya ya....moga sukses selallu...

    BalasHapus
  18. yas.. rumah baru yah? selamet ye, bro..
    hahaha...
    ayas ayas... sebentar tobat, sebentar dosa... gitulah kita manusia! jadi intinya, ikhlas ya yas.. ikhlas... ikhlas....

    BalasHapus
  19. hai ayas, kamu jangan khawatir kesalahanmu sudah aku maafkan asalkan dikau berjanji tak akan ngatain orang lagi untuk yang keseribuan kalinya. aku udah ikhlas kok atas kekhilapanmu. soalnya kisah diatas bagus banget sih makanya aku jadi ngga marah lagi.

    TTD
    Ramdhani

    BalasHapus
  20. tumben ada cowo yang ngakunya biadab secara terus terang, tapi artikelnya menarik. jarang-jarang lho ada cowo biadab bisa bikin artikel kaya gini.

    BalasHapus
  21. Hhhmmmm lain kali ada baiknya lebih menjaga lidah ya, moga kita semua terhindar dari siksa api neraka gara gara lidah kita, amin. Btw, kisahnya menarik :D

    BalasHapus
  22. hohohohoho...nice post sobat....
    IKHLAAS......IKHLAS....IKHLAS... sebuah kata yang sangat mudah di ucapkan tapi sangat sulit untuk di praktekan(bener ga siee....)

    BalasHapus
  23. bagus bgt khutbahnya..
    jarang sekali skrg khatib yg khutbah tanpa embel2 menjelekkan, entah itu agama, golongan atau yg lain2..

    BalasHapus
  24. haduh serem amat sih mas..
    subhanallah

    BalasHapus
  25. hati2 menjaga bicara itu penting..tanpa sadar kita bisa menyakiti orang lain dan belum tentu bisa termaafkan.walaupun tujuannya baik untuk memotivasi..

    BalasHapus
  26. ckckckck...masih sempet2nya ingat aura kasih duw duw.
    btw, emang benertuw walo kita ga kece amat tapi klo iklas pasti semuanya dirasa enteng tul ga..

    BalasHapus
  27. hahahhahahaha.....
    kocak dah pengalaman idupnya om ayas!!!!!
    pemikiran yg sederhana mau ditolong iblis!!!
    moga2 dgn dimaapkannya om ayas ma om ramdhani, (dimanappun n siapapun dia) makin.....

    BalasHapus
  28. Gimana ya Yam..
    aku ngga bisa komen banyak kalo hal gini
    tapi intinya sih
    maksud baik belum tentu di terima baik
    jadi sebelum melakukan sesuatu pikir dulu akibatnya masak2

    BalasHapus
  29. hati2 mas Ayas, Iblis tetaplah iblis tempatnya sudah ditentukan dan tak akan berubah, selamanya iblis akan mencari teman untuk menemaninya kelak, meski harus dengan tipuan yang sangat halus...

    BalasHapus
  30. judul nya nyereminnnn :( hiiii

    BalasHapus
  31. duh... jadi inget kebiasaan gw menghina orang :(

    BalasHapus
  32. hehe . . makasih yah . khotbahnya jadi bikin ngelamun . . *tapi g ngantuk lho* hehe . emang ngga ada satupun yg sempurna ..

    BalasHapus
  33. AJ_NET
    Serve to :
    1. Cyber Net & Rental Computer
    2. Games On/Off Line
    3. Pelatihan Internet (Free)
    4. Chatting
    5. Browsing
    6. Email
    7. Bloging
    8. Aplikasi HP
    9. Servis Komputer
    10. J/B Komputer new/second
    11. Etc
    Come 'n Join in http://agungjayagroup.blogspot.com/, find your World only in front of AJ_net's Computer..

    BalasHapus
  34. Siiiplah , rajin ikut sholat jumat...:D

    BalasHapus
  35. iya bapak guru..saya nggak akan menghina orang lain deh...wakakak...! thanks ya

    BalasHapus
  36. wah rumahmu seger bgt ya,,, berasa pagi trus..hihi

    BalasHapus
  37. Postingan keren buat menambah keimanan!
    Mantap :D

    BalasHapus
  38. makanya kalau mau ngatain orang liat2 dulu donk keadaan sekitar :))

    jadi ketauan orangnya langsung khan :))

    BalasHapus
  39. kisah yang inspiratif. ah, lain kali aku akan belajar utk bisa selalu ikhlas deh.:s
    btw, betul sob... semua dalam hidup ini perlu proses.

    BalasHapus
  40. trus, hari ini sholat jum'at ga???

    btw, ceritanya bagus,,, ntar kalau aku jatuh aku senyum aja ahhh... :))

    BalasHapus
  41. wakakakakkkak...bener2 edan ni orang,,,

    bener tuh tidak ada kentut yg tidak bau.
    bener2 anugrah lu bisa nangkep isi khutbah nya :D

    BalasHapus
  42. Smoga bisa berubah jadi Ayas yang lebih baik dari yang kemaren2, Amien...BTW, kalo iblisnya punya muka kayak grandong, kamu masih berharap ditolong ibliskah? ;p

    BalasHapus
  43. Yup Konsep ikhlas sangat mudah diucapkan namun sangat berat dalam aplikasinya......btw salam kenal mas ayas.....mencoba mampir nih.....Ikhlas akan melahirkan kesabaran yang nantinya bermuara pada rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita kta....ntu kata pak kyai lho... mas... he..he...

    BalasHapus