Jumat, 18 Desember 2009

Duka Di Ujung Tahun



gambar dicopas disini





Pernah nonton iklan LG Borderless tv? Menurutku itu iklan dengan narasi terbaik yang pernah aku lihat. Benar sekali, hari pertama ketika kita dilahirkan adalah hari pertama kita hidup dengan terbatasi oleh berbagai hal. Sampai ketika tiba saatnya kita akan terbatasi oleh hari terakhir kita hidup.

Di kampus, aku cuma punya 3 sahabat dekat. Irga, Nanda, dan Nurul. Kemarin adalah hari wisuda sahabat dekatku tercinta, Nanda. Hari sebelumnya orang tuanya sudah datang dari Jambi untuk melihat anak pertama mereka mengenakan toga di hari yang berbahagia itu.

Sayangnya takdir Allah berkata lain. Di hari dimana seharusnya kami menangis terharu karena bangga Nanda sudah menyelesaikan kuliahnya, tapi kami harus menangis berduka karena Ibunda Nanda telah berpulang ke rahmatullah.

Hari rabu kemarin, Fakultas Teknik mengadakan Yudisium, disitulah untuk pertama kalinya aku dan Irga bertemu orang tua Nanda. Mereka nampak sehat, kami bercerita dan makan bersama. Hari kamis ketika mo pergi ke kampus untuk mengikuti wisuda, Nanda harus pergi hanya ditemani oleh kami karena Ibunya ngga’ sehat badan, jadi rencananya mereka akan menyusul setelah Ibunya sedikit membaik.

Di perjalanan, kami dapat kabar kalo Ibu Nanda dilarikan ke rumah sakit. Ketika acara wisuda baru berjalan sekitar 45 menit, Nanda disuruh Ayahnya untuk langsung ke rumah sakit, Ibunya sudah masuk ruang ICU. Bayangkan kalo kamu di posisi Nanda!

1. Wisuda tidak ditemani orang tua.
2. Harus pulang dari acara wisuda bahkan sebelum penyematan satu alumni pun.
3. Ketika sampai di rumah sakit, Sang Ibu sudah terbujur kaku, dingin, dan diikat.

Karena kejadian yang amat dramatis inilah, aku pun ngga’ sanggup menahan air mata. Terkadang aku ngga’ habis pikir, kenapa Allah harus memberikan cobaan ketika suasana seharusnya bahagia. Tapi aku sadar, semua pasti ada hikmahnya. Sebagai manusia seharusnya kita mengikhlaskan apa yang memang harus kembali kepada pemilik-Nya. Tolong doanya ya teman2, untuk Ibunda tercinta Nanda, semoga amal beliau diterima di sisi Allah dan diampuni segala dosanya. Amin Ya Robbal Alamin.

Nb:

1. Selamat tahun baru islam 1431 H bagi saudara seimanku. Semoga di tahun baru ini kita bisa menjadi manusia yang jauh lebih bermanfaat bagi yang lain.
2. Ketika aku membuka status fb Nanda tadi malam, aku baru sadar, inilah status fb terbaik yang pernah aku baca. Nanda, sabar yah dan buatlah Ibumu bangga dengan prestasimu.



nb: I just kick my keywords
1. Djarum Black
2. Djarum Black Menthol
3. Djarum Black Slimz
4. Djarum Black Slimznation
5. Djarum Black Motodify
6. Djarum Black Night Slalom
7. Autoblackthrough
8. Autoblackthrough goes to campus
9. Blackinnovationawards
10. Blackinnovationawards goes to campus
11. Black In News
12. Black Car Community
13. Black Motor Community
14. Black Community

29 komentar:

  1. turut berduka y untuk Nanda..
    semoga amal ibadah ibunda Nanda diterima di sisiNya.. amiin

    BalasHapus
  2. Seorang ibu,
    memapah dikala kita susah
    Merengkuh saat kita jatuh
    menopang saat pijakan kita goyang

    Semoga tenang di sisi Sang Kholik, kembali ke kehidupan abadi....

    BalasHapus
  3. turut berduka juga buat nanda yas
    aku mungkin tak sebaik nanda merangkai status
    mungkin aku malah tergelepak, disudut dan merenung...

    yahhhh... susah juga
    tapi semua sudah kehendaknya, itu mungkin jalan yang sudah digariskan oleh-NYa

    BalasHapus
  4. Turut bersedih Kang atas kembalinya Bunda Nanda...

    Sungguh tegar hati Nanda, disaat seperti itupun masih bisa merangkai kata di fb, coba kalo saya, pasti sudah tergeletak lemah di tanah merah sang Bunda.

    Bunda adalah segalanya buat saya. Kasih sayangnya gak akan mampu tertandingkan dengan apapun.

    BalasHapus
  5. hiks.. sedih banget. semoga Nanda sabar. :(

    BalasHapus
  6. hikz... yol jugo kaget nian pas baco status irga kemaren itu,, lebih kaget lagi pas tau kalo itu bertepatan dengan wisudanyo nanda,, hikz.... sediiihhh nian... moga nanda kuat yeehh... moga jg amal ibadah sang bunda diterima disisi-Nya.. amiinn...

    BalasHapus
  7. Turut bersedih... :( semoga mereka yg ditinggal bisa tetap melangkah.. ^^

    BalasHapus
  8. Kok aku jadi ikut terharu biru begini..
    Sedih banget Ayas.. Semoga yang ditinggalkan tabah ya.. Tuhan pasti membuat segalanya indah pada waktuNya.

    Selamat tahun baru Islam, Ayas..

    BalasHapus
  9. Begitulah ujian. Semoga Nanda tetap tawakal dan makin kuat. Kita doakan sama-sama ya, Yas.

    BalasHapus
  10. Turut berduka ya Mas Ayas...

    Saya ngga perlu bayangin rasanya jadi nanda karena saya udah ngerasain lebih dulu, Mama saya meninggal di dekat saya pada kecelakaan beberapa bulan lalu. dan beliau ngga sempet lihat saya wisuda, kerja, atau menikah..

    itulah jalan Allah, gimana lagi.. kita semua mesti kuat dan tetep ketawa.. :)

    BalasHapus
  11. Gak ada yg bisa nahan semua ketentuan tuhan. kita cuma menjalankan.

    BalasHapus
  12. turut berduka cita...semoga kesabaran Nanda menjadi bekalnya kelak dan semoga dia bisa menjadi amal jariyah bagi ibunya

    BalasHapus
  13. hiks hiks...
    aku berkaca-kaca baca postingan ini... ditambah lagi baca status fb mbak Nanda itu...
    bilangin sama mbak Nanda ya.. "yg tabah ya, mbak... semoga mbak bisa tegar melewati semua ini... aku support mbak kok walaupun kita ga kenal... salam kenal ya mbak dari ferdi di padang...."

    hiks..hiks

    aku pgn nangis deh jadinya.... :'(

    BalasHapus
  14. Innalillahi wainnailaihirojiunnnn.
    Turut berduka cita

    BalasHapus
  15. salam sobat
    selamat tahun baru 1431 H
    Haru dan kasihan ya,,si NANDA,,
    SEMOGA diberikan ketabahan dan kesabaran menghadapi semua itu.

    BalasHapus
  16. Yang sabar be nda...aq turut berduka cita yang sedalam2nya..

    BalasHapus
  17. Innalillahi wainnailaihirojiun..,turut berduka cita buat mba Nanda kita tidak pernah tau takdir allah, semoga ibunda Mba Nandha diterima disisi allah, dan di berikan tempat yang layak, Buat mba Nandha semoga selalu tabah dan sabar yah, buat mas ayas, met tahun baru yah mas, :), statusnya buat aku berkaca-kaca, sungguh mengharukan !

    BalasHapus
  18. @ferdi dan inul: Nanda itu cowok cin :)

    BalasHapus
  19. sabar yah, jangan sedih.....ada sesuatu dibalik cerita tuhan itu

    selamat tahun baru yah

    BalasHapus
  20. Turut, bersedih... Semoga temen lo (NANDA) diberi ketabahan lebih.

    BalasHapus
  21. turut berduka cita..
    semoga diberikan ketabahan dan keikhlasan bagi keluarga yang ditinggalkan :)

    BalasHapus
  22. turut berduka mas, semoga NANDA diberi ketabahan dan tawakal

    BalasHapus
  23. turut berduka dan sampaikan salam untuk Nanda yah bang....
    met tahun baru juga bang,semoga tambah sukses segalanya

    BalasHapus
  24. sebentar sebentar...

    yang pertama, pilihan gambarnya KEREN sekali!!!!!!! top abis deh.. mantap!!!

    yang kedua, turut berduka cita buat Nanda. di saat semua sedang merayakan hari ibu, Nanda harus kehilangan Ibunda tercinta. saat harusnya sedang gembira menjalani wisuda... Ibunda menghadap Tuhan. subhanallah...
    yang pasti, Ibunda akan sangat bangga anaknya bisa wisuda. dan buat Nanda, semoga kuat menjalani hari hari tanpa Ibunda tercinta...

    yang ketiga, sorry lama gak mampir sini yaaa. selamat tahun baru Hijriyah juga. semoga tahun ini kita bisa lebih baik ibadahnya dibanding tahun kemaren. amiiiiiiiin

    BalasHapus
  25. Disaat bahagia ternyata ada yang dilanda duka juga. turut berduka cita

    selamat tahun baru 1431 H!

    BalasHapus
  26. hiks.... turut berduka cita buat nanda T__________________T smoga arwah dan pahala ibunya diterima disisiNya

    BalasHapus
  27. hae yas
    haluuuuu
    hehehehe baru sempet mampir nih
    2 minggu ada ujian semesteran, sekarang dah kelar
    so bisa jalan2 lagi...
    eh masi ada tugas bikin program rumah sakit, perbankan, ma penjualan ding....
    pulang dulu ya... mau mumpet lagi tha thaaa

    BalasHapus
  28. Pro condolence ya Mas Ayas...

    YANG TERCIPTA, SUATU SAAT JUGA AKAN KEMBALI KE SANG PENCIPTA, SANGAT ALAMIAH, SEALAMIAH KESEDIHAN KITA YANG DITINGGALKAN...SEMOGA MEREKA DIBERI KEKUATAN UNTUK MENGHADAPI REALITAS KEHIDUPAN TERSEBUT...DAN JIWA YANG TERPANGGIL SEMOGA MENDAPAT TEMPAT YANG SEMESTINYA, AMEIN!

    BalasHapus