Jumat, 11 Juni 2010

Farewell, UNSRI!


Ngambil gambarnya disini >>> Klik



Hi sisbro, apa kabar semuanya? Baik, baik, oh ada yang sakit juga. Gapapa karena sakit itu menyehatkan, semoga cepat sembuh ya. Langsung saja, aku mau cerita ni, Kamis 10 juni kemarin aku baru resmi menjadi alumni UNSRI pada acara wisuda UNSRI ke-95. Ya Allah akhirnya bisa juga aku jadi sarjana setelah 5 tahun 10 bulan kuliah. Setidaknya aku ngga' bego2 amat kali ye walaupun wisudanya bareng adik tingkat '05. Yang penting tamat.

Penguin EmoticonsPenguin EmoticonsPenguin Emoticons

Banyak banget yang ngucapin 'Selamat ya Ayas sudah wisuda' atau 'Yas, selamat sudah jadi sarjana,' kalo versi bapakku beda lagi 'Horeee, anakku jadi tukang insinyur.' Benar, semua orang suka Si Doel Anak Sekolahan. Aku sih jawabnya standar 'Makasih' sampai aku berpikir kata2 selamat dari kelurga dan teman2 seakan terdengar menjadi 'Selamat ya, sudah resmi jadi pengangguran. Cepet kerja! Ah, kalo kuliah aja ampir 6 tahun, gimana mo dapet kerja??!!!'

Mengenang Kampus Tercinta

Universitas Sriwijaya / UNSRI, resmi didirikan 3 november 1960, 50 tahun yang lalu. Dimanakah aku waktu itu? Mungkin aku lagi asik2nya main bola sama Budi di surga, bisa jadi juga aku baru jadian dengan bidadari XF-974 di negeri awang-awang, bahkan siapa tahu dulunya aku adalah Albert Einstein. Tapi yang jelas 44 tahun setelah UNSRI berdiri, aku resmi menjadi mahasiswa Teknik Pertambangan UNSRI.

Heran adalah ekspresi pertamaku sebagai anak culun yang baru masuk dunia kampus. Pertama, kampus itu luas banget. Kedua, sistem belajarnya beda dan ribet. Tiga, teman2ku berasal dari berbagai provinsi, mulai dari Aceh sampe yang paling jauh dari Makassar.

Belum lagi ospek. Ini ni yang bikin repot. Pada waktu itu kakak tingkat / kating menyuruh mahasiswa baru yang cowok untuk menggunduli rambut mereka. Ngebayangin kepalaku plontos dengan badan kurus ceking tentulah ngga' keren banget, takutnya aku dikira korek api berjalan. Disaat2 seperti itulah aku rasanya pengen jadi cewek. Sayang emak di rumah ngga' punya wig, pasrah dah jadi manusia pentol korek api.

Animated EmoticonsAnimated EmoticonsAnimated Emoticons

Akhirnya hari inagurasi tiba. 'Kalian harus bangga karena hari ini kalian akan diinagurasi, kalo sudah diinagurasi kalian sudah seperti saudara, terus kalian bakal dapet jaket jurusan. Kalian harus bangga jadi anak Tambang UNSRI!!' seorang kating ceramah. Aku sih cuek, lah ceramah jumat aja aku tidur apalagi kating ngoceh2 ngga' jelas. Alhamdulillah, acaranya lancar, paling lecet dikit karena disuruh merayap, push up, lari, gitu2 deh. FYI, berhubung isunya ketika inagurasi kami mo disiksa kating, teman2 udah siap2 ngumpulin senjata buat tawuran. Ada yang bawa kayu, besi, sampe ada juga yang bawa pisau. Tau ngga' aku bawa apa? Palu. Ckckck, ternyata mental tukangku belum ilang.

Teman, adalah yang pertama harus kucari ketika baru masuk kuliah. Berhubung aku sendirian dari sma8 Palembang, aku setidaknya harus cari teman asal Palembang dulu biar nyambung diajak ngobrol. Ketemu lah aku dengan Irga, anak sma17 Palembang. Lalu aku kenal dengan Nanda, mahasiswa perantauan asal Jambi. Mungkin karena kami sering PP kampus dan nyontek tugas bareng, kami jadi akrab.

Terlebih lagi dengan Irga, sahabat yang paling sering kucerca di blog maupun di kehidupan nyata. Saking akrabnya kami skripsi bareng, dapet pembimbing skripsi yang sama pula, sampe2 wisuda pun bareng. Kami sudah seperti saudara. Terus kenal dengan Nurul, Pacarnya Nanda, pun jadi akrab denganku, sampe2 waktu wisuda dia bela2in datang sambil bawa bunga. Ya, persahabatan itu memang indah teman.

Kalo ngomongin tentang kuliah, semuanya serba ngurus sendiri. Dari KRS, belajar, dan skripsi, pokoknya kalo males2an bisa2 kuliah ngga' selesai dan emang ngga' ada yang peduli. Kita benar2 diajar mandiri. Belum lagi guru yang sekarang dipanggil dosen, lain dosen lain cara mengajar. Ada yang terpaku dengan buku, ada yang mengajarkan berpikir kritis dan out of the box, eh ada juga yang mengajar sambil promosi MLM. Aku sih kalo masuk kuliah jarang mencatat materi kuliah, paling liat sebentar bengong, liat sebentar ngobrol, liat sebentar diliat dosen, kalo udah gitu baru deh mencatat dikit2 dengan gaya catatan 'peta pikiran'-nya Tony Buzan. Terus kalo mo semesteran baru minjem catatan temen buat dipotokopi. Sudah, ngga' perlu dipuji, aku emang kreatip kok.

Monkey EmoticonsMonkey EmoticonsMonkey Emoticons

Tidak seperti sekolah ketika kita sama2 berseragam putih abu2, dari kuliah kita bisa melihat kasta seseorang. Apakah dia anak orang kaya ato orang sederhana, bahkan orang ngga' mampu. Ada anak yang tampilannya keren abis, kalo diliat dari mukanya yang bersih dan kendaraannya pasti orang kaya *lain cerita kalo dia anak sopir kayak cerita di ftv*. Cewek2 seksi berpakaian branded banyak, cewek tomboy dengan sepatu kets butut diinjek2 juga ada. Cowok metroseksual banyak, cowok gembel dengan jeans kumel dan kaos oblong bolong jauh lebih banyak *Aku termasuk salah satunya*. Belum lagi sifat2 manusianya lebih beragam. Ada yang sombong, mentang2 anak pejabat. Ada juga yang rendah diri, kalo jalan nunduk terus, untung2 ngga' nabrak tembok. Pokoknya kampus itu miniatur Indonesia banget. Semua golongan, suku, ras, dan agama berkumpul jadi satu.

Terus ekskulnya ngga' bisa disamakan lagi dengan ekskul sekolah karena jauh lebih beragam. Apalagi organisasi di kampus. Wih, ada presiden segala, ada gubernur mahasiswa juga. Apa2an ni. Ada organisasi agama, ada organisasi sekuler. Walah seru juga tapi sayang aku males ikut yang bagituan. Aku tipe mahasiswa yang senang di rumah sambil maen game daripada sibuk demo2 di siang hari demi yang katanya 'suara rakyat.' Pernah aku ditawari kating ikut BEM kampus. Aku iya2in aja, terus waktu pulang aku langsung kabur naik bis.

Dan pada saat kuliah aku juga mendirikan perusahaan pertamaku, @YAS-net. Bukan warnet, tapi penyewaan komik dan buku2 bacaan lain. Pertamanya sih sok2 cari inverstor, eh ternyata ada juga 10 orang sial yang mo ditipu. Ujung2nya bukannya untung malah buntung, sampe sekarang modal mereka belum balik semua karena masih berbentuk aset berupa komik dan buku. Ikhlaskan saja teman sebagaimana aku mengikhlaskan uangku hilang ~~!

Cinta. Ehem uhuk uhuk. Ni lagi yang bikin ribet. Cewek pertama yang kutaksir di kampus adalah ada deh. Ya, sebut saja ada deh. Dia hitam manis dan berambut panjang tapi sayang emosian. Ngebayangin kalo jadian sama dia bakal mengalami KDRT, aku berhenti PDKT. Lagian melihat cewek item manis marah sungguh menyebalkan karena ketika si cewek item manis lagi marah2, manisnya langsung ilang dan yang tersisa hanya itemnya saja.

Terus salah satu problem cinta terberat adalah apabila kita suka sama pacar orang apalagi gebetan temen. Dua2nya pernah kualami. Harus diakui kebanyakan cewek punya prinsip cinta kayak gini : "Wajar dong gue suka sama banyak cowok, ya karena banyak banget cowok yang suka sama gue. Gue cantik dan menarik, kurang apa coba??? Hidup ini tentang memilih yang terbaik dari yang terbaik kaleee." Nah, kalo udah kenal sama cewek yang begini, tambah ribet dah masalahnya. Tangan kanan pegang pacar, tangan kiri buat TTM-an. Tolong, cukup saya saja yang menjadi pinguin yang malang.

Cat Emoticons , lalu


Penguin Emoticons , lalu

Cat Emoticons , lalu

Penguin Emoticons

Ujung2nya sampe wisuda saya tidak menemukan cinta yang diharapkan di UNSRI. Baiklah mungkin ini pelajaran berharga buat saya. Nampaknya Saya harus menurunkan standar 'my type,' dari 'seperti Aura Kasih' menjadi 'seperti Omaswati.'

Yeah, banyak yang bisa anda dapatkan dari kuliah.

Sekarang, 5 tahun 10 bulan yang lalu telah menjadi kenangan dan memberikan banyak knowledge kepadaku. Aku semakin matang menjalani kehidupan dan harus siap menatap masa depan. Terima kasih untuk keluarga, dosen, teman dan semuanya yang sudah mengiringi perjalanan dunia kampusku. Sarjana strata satu bukanlah akhir dari pendidikan tapi awal untuk memulai dunia kerja dan kuliah strata 2, dan seterusnya dan seterusnya. Doain ya, amin.

25 komentar:

  1. jadi inget masa wisudaku XD
    selamat ya udah jadi sarjana
    cepet dapet kerjaan deh
    FYI, aku dapet kerja setelah 7 bulanan nganggur loh , jadi berjuang ya

    BalasHapus
  2. Hiiiiiiiiiiii.. selamat Ayas!!!!!
    :)

    Terlalu serius kuliah tuh. Ga sempet CCP ke adek kelas ya?
    hehhehe.

    Welcome to the club.

    BalasHapus
  3. busyeett tambah gendut aja kamu yass..
    dan kepala makin plontoss hehe

    aku juga belum menemukan cinta... tapi kalo turun sampe omas gak ah, sorry bro

    BalasHapus
  4. oh iy ayas, mampir lapak ane
    minta dukungan ya.. tentang SOLO nih

    BalasHapus
  5. selamat ye Yas, moga cepet dapet gawe n dapet bini...amiiiin

    BalasHapus
  6. selamat...makan2 dong. hehee

    BalasHapus
  7. Wah selamat..selamat..Selamat di tggu pesta nya ya.Btw lam knl mas and knjg blk ya,sekalian follow.Aq sdh follow blog ini

    BalasHapus
  8. moga ada cinta setelah bekerja Ya.. ^^
    sip tuk wisudanya....

    BalasHapus
  9. Wh sekarang udh Sarjana neh
    Selamat Yas, Moga teruslah berkarya...

    BalasHapus
  10. Foto wisuda tentu Foto yang membanggakan
    Hebat!

    BalasHapus
  11. wah selamat ya sudah diwisuda... semoga bisa mendapat apa yang terbaik ya.

    oh iya, saya ada award buat blog Anda, silakan diambil di blog saya ya.

    BalasHapus
  12. Wah selamat ya Ayas. Mohon maaf terlambat komentar disini. Pokoknya selamat memasuki dunia kerja deh, siap-siap ya.

    Btw, yang hitam msiapa seh....? Hehe. Gpp pengalaman, pasti ada gadis manis yang sudah disiapkanNya untukmu.

    BalasHapus
  13. Berkunjung Yas.. Succes!

    BalasHapus
  14. congratz ya Yas.... btw, IPKnya brp nih??? hehehehehe

    BalasHapus
  15. hahaha... kenangan masa kuliah, dari senang sampai seidh, jatuh cinta dosen killer, smua pull.....

    BalasHapus
  16. cerita selama kuliahnya seru...
    hahaaa....
    selamat ya udah diwisuda..moga cepet dapet kerja dah.. :D

    BalasHapus
  17. selamat... selamat... akhirnyaaaa lulus jugo mamang sikok ini, hahahaha... :))

    sekali lagi congratz yah dan moga cepet dapet kerja :)

    BalasHapus
  18. Bukan maksud buat spam

    Tapi kenalkan blog ini

    http://rahasiaketapang.blogspot.com

    dan blog teman saya

    http://zona-orang-gila.blogspot.com
    http://diary-gila-ronney.blogspot.com

    Kunjungi kalo ada waktu ya

    BalasHapus
  19. jadi kangen kampusku hihi..

    BalasHapus
  20. berkujung sob,,
    lama ga main2..
    hehe

    BalasHapus
  21. perjuangan 5 tahun 10 bulan terbayaaaar sudah!!!
    leganyaaaaa

    BalasHapus
  22. Assalamualaikuum...
    Dija mamnpir Om...

    BalasHapus
  23. Selamat senior, lam kenal dari saya anak 08 EP alias Ekonomi Pertambangan eh Ekonomi Pembangunan deng

    BalasHapus