Sabtu, 11 Desember 2010

2W4F







Seorang teman bertanya, “Yas, kemana aja 2 bulan ini?”

“2 bulan ini aku kerja di Kalimantan selama 3 minggu terus resign karena mau ikut tes CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) di Jakarta Pusat. Dan Alhamdulillah aku lulus, Bro. Jadi, awal tahun 2011 udah mulai kerja di Jakarta.”

Bagaimana peristiwa itu bisa terjadi? Berikut pengakuan Mawar Ayas.

1 Nopember 2010. Aku diterima kerja di salah satu perusahaan tambang batubara di Kalimantan Timur. Namanya anak baru, pastinya dimasukkan di program MT alias Management Training (kalo di Bank disebut ODP atau GDP di Freeport), which is kerjanya mencangkup keseluruhan departemen di tambang tersebut. Dari pengawasan pembukaan lahan sampai pengapalan batubara yang siap dijual.

Ternyata kerja itu enak juga, apalagi sebagai miner. Meski rooster kerja 6/2 (6 minggu kerja dan 2 minggu cuti), keringat bercucuran, dan urat kaki nyaris putus, tapi badan menjadi sehat dan asupan gizi tercukupi. Terus kalo pulang ke mess, pakaian sudah bersih rapi dan makanan sudah siap tersaji. Menariknya, semua biaya makan dan mess itu ditanggung perusahaan alias gratis, Guys. Oh, Beruntungnya aku bukan seorang lelaki pesolek dan perokok, jadi gaji bulananku bakal bersih sih sih sih.

15 Nopember 2010. Keimananku menjadi seorang miner diuji. Aku lulus tes administrasi CPNS KESDM di Jakarta.

Betul! Aku baru lulus untuk mengikuti tes tahap pertama yaitu tes tertulis.
Betul! Aku mesti resign kalo mau ikut tes CPNS.
Betul! Tidak ada yang menjamin aku lulus.


Tapi

Salah! Kalo aku tidak mengikuti kata hati setelah aku solat istikharah.
Salah! Kalo aku tidak memanfaatkan peluang 2/11, cuma ada 11 orang yang lulus administrasi untuk memperebutkan 2 posisi auditor di Inspektorat Jenderal KESDM.
Salah! Kalo aku tidak berikhtiar untuk mencari pekerjaan yang lebih baik lagi untuk masa depan pendidikan dan kehidupanku.


Dilema 50-50. Ada 3 alasan bagus untuk membuatku tetap bermain aman sebagai miner yang sudah mendapat pekerjaan layak. Tapi ada 3 alasan lain yang menguatkan diriku untuk keluar dari zona nyaman dalam hidup untuk mencapai prestasi yang kuyakini akan lebih baik lagi. Untunglah secuil nyali di hatiku seakan berteriak “Woi, Bencong. Ambil aja !! Kalopun lo kagak lulus CPNS, lo bisa cari kerja di tempat lain, bego!!” Wah wah wah, sebagai lelaki oon, aku bisa terima dikatain bego. Tapi sebagai lelaki tulen, aku marah dong dikatain bencong, yuuuk. Besoknya aku langsung meminta izin pengunduran diri ke kantor. Untungnya orang2 di kantor mendukung dan malah mendoakan keberhasilanku.

17 Nopember 2010. Tepat sehabis solat Idul Adha, aku pinjem duit teman dan cabut ke Jakarta. Di atas Singa Terbang, aku berpikir ulang seakan meragukan lagi keputusanku. “Bener ngga’ sih aku bisa. Aku kan belum pernah ikut tes CPNS. Aku kan cuma bermodal mental dan keyakinan. Bener ngga’ sih… ” Disaat itulah aku teringat tuhan. Ya, aku punya tuhan. Maka aku meminta kepada-Nya. Mungkin itu adalah saat2 dimana aku benar2 berdoa setulus hati meminta kemudahan dalam menjalani apa yang aku yakini. Sambil memandang awan putih suci yang menggantung rendah di langit, aku pun bernazar. Nazar pertama selama aku hidup. Nazar yang kubisikkan kepada tuhan di ketinggian ribuan kaki. Nazar yang menenangkan hati dan memejamkan mataku. Semuanya pun menjadi tenang dan sunyi.

22 Nopember 2010. Ribuan orang yang memiliki harapan yang sama denganku berkumpul di area PRJ. Setelah pembukaan formalitas, tes tertulis dimulai. Ada 4 tahap tes yang dilalui. Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik, Tes Skala Kematangan, dan Tes Bahasa Inggris. Benar2 tes yang nyaris membuat otakku meluber lewat kuping.

Seminggu kemudian aku mengikuti tes tahap kedua, yaitu tes wawancara. Memang sudah bisa diprediksi karena ketika tes tertulis hanya 7 orang yang datang sehingga untuk mencukupi formasi 2 orang, maka ketujuh orang itu lulus untuk mengikuti tes wawancara. Untungnya, Pertanyaan standar seperti: Kenapa Anda memilih bekerja sebagai PNS? Organisasi apa yang pernah Anda ikuti? Apa hubungan pendidikan Anda dengan tugas sebagai PNS? dll, aku jawab dengan jelas dan tegas. Secara udah 4 bulan nganggur dan menghadapi banyak tes wawancara :D

1 Desember 2010. Jam 2 pagi aku terbangun dengan perasaan gelisah dan deg2an bercampur cemas karena sebentar lagi pengumuman hasil tes keseluruhan akan diumumkan. Seperti dugaan sebelumnya. Situs KESDM tidak bisa dibuka karena over capacity. Waktu buka FB, ada temen yang sudah duluan buka situs KESDM. Dari dia aku dapat info kalo aku lulus. Setengah percaya setengah ragu aku menunggu sampai melihat sendiri. Dua jam kemudian situsnya bisa terbuka. Alhamdulillahirobbil’alamin. Aku LULUS. Tanpa sepeser uang pun. Jadi, ngga' semua unsur instansi pemerintah itu korup.

12 Desember 2010. Sekarang aku di Palembang, beristirahat sejenak setelah memenangkan pertaruhan dengan diriku sendiri selama 2 minggu yang melelahkan, sebelum memulai hidup baru di tahun yang baru dan di kota yang baru. Terima kasih banyak kepada teman2 semua atas doa dan dukungannya. Memang benar kata sufi, tak ada kekuatan sehebat doa. Semoga sukses selalu untuk kita semua. Amin Ya Robbal ‘Alamin.

Nb: Ditinggal 2 bulan,, kok komentar yang disemat di bawah entri ngga' bisa berfungsi.. Tanya kenapa?

21 komentar:

  1. hello,, 1,2,3.. bisa lg kan.. O.o

    BalasHapus
  2. keren...selamat ya..wah tes nya di prj toh...

    BalasHapus
  3. hebat! cerita yang mengagumkan. aku terharu... cret! :p

    gue percaya klo kerjaan, rejeki atau jodoh sudah diatur sama tuhan. selamat ya.

    BalasHapus
  4. Selamat ya Pak..
    udah kerja mapan sekarang
    mapan seluncur dan mapan tulis
    hehe...

    BalasHapus
  5. salut yas samo kau :) selamat ye jgn lupo samo kito men lah jadi pejabat hehehe

    BalasHapus
  6. wow..selamat yak.. Namanya jalan rejeki itu pasti ada aja..

    saya pernah kayak kamu, tapi sayangnya udah tahapan akhir pas wawancara enggak lulus. Nyesek siih.. tapi mungkin bukan rejeki saya di PNS.

    BalasHapus
  7. selamat yaa berarti nanti tugas di Jakarta ya... kapan2 bisa kontak dong, saya di gatot subroto
    kalau esdm kan di jl tamrin ya? depan BI

    BalasHapus
  8. muaaanttttapp
    suatu perjalan hidup yang menarik
    selamat jadi pns

    psssst... jangan niru gayus yg brengsek itu

    BalasHapus
  9. MANTAP...!
    Betambah 1 lagi PNS pekerja keras..! :D

    BalasHapus
  10. selamat bang ayaaassss :)

    BalasHapus
  11. Wah selamat kang ayas,, lama menghilang rupanya ini yag diaincar,

    BalasHapus
  12. assalamualaikum...
    wuiihhh..halo bang ayas?
    selamat ya!
    semoga barokah pekerjaannya
    sukses bang ayasss...
    salam

    BalasHapus
  13. SELAMAT ya telah berhasil menembus tes CPNS di KESDM.
    Selamat menjalani hari2 baru sebagai abdi negara... ^_^

    BalasHapus
  14. Horeeee.... selamat ya utk keberhasilannya...! *tepok tangan*
    Semoga blognya masih keurus nanti setelah sibuk kerja sbg PNS... hehehe

    BalasHapus
  15. lama bgt gak mampir, makin keren ajaaa, hehehe :D

    BalasHapus
  16. selamat ya gan...
    hehehe
    follow blog ane gan..
    baru buat nih
    hohoho

    BalasHapus
  17. alhamdullillah,,, jadi PNS jg dirimu yas hahahahaha,, selamat ya. Selamat menunaikan nazarnya dan slamat bertugas pak PNS, kerja yg giat :D

    BalasHapus
  18. Nice gan...
    Congrat...
    Salam kenal :D

    BalasHapus
  19. wahh terharu..kak ayas dah sukses neh... kagum kak... wajar aja ndak nampak lg idungnya di seputaran BanTEN ^^ Hheheheh...

    say gud bay kak bwat dota cs nya @ kasternut

    BalasHapus