Selasa, 08 Februari 2011

And The Story Begins

gambar dicomot dari sini gan baby1


Hari minggu lalu Mario Teguh Golden Ways membahas tentang Beginner’s Luck alias Keberuntungan Pemula. Yaitu seorang pemula yang mengalami keberuntungan di percobaan pertama. Bisa juga berarti orang yang baru masuk kerja dan mendapat keberuntungan. Dalam hati aku membatin, “Gila, bener lu, Om Mar. Itu dia yang baru gua alamin.”

Tertanggal 1 Pebruari kemarin aku resmi bekerja di Kantor Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ITJEN KESDM). Alhamdulillah, sungguh lega rasanya penantian panjang itu tiba juga. Kerja kantoran dan mendapat desk sendiri. Memang sih, namanya anak baru belum ada job desc-nya, tapi sedikit2 aku harus belajar bekerja sebagai CPNS dibanding waktu masih nganggur di rumah yang kerjaannya cuma makan tidur dan bengong ngayalin kapan bisa sekaya Gayus.

Hal lain yang menyenangkan adalah aku mendapat teman2 baru. Total ada 19 orang yang menjadi CPNS ITJEN KESDM yang kantornya berlokasi di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan. Latar belakang pendidikan yang berbeda mulai dari sarjana pertambangan, sarjana geologi, sarjana akuntansi, sampai sarjana psikologi membuat kami bisa saling bertukar pengetahuan . Teman2 baruku ini juga berasal dari daerah yang berbeda2. Ada yang dari Jakarta, Bandung, Semarang, Riau dan lainnya yang tentunya sedikit banyak bakal menambah wawasan kedaerahan kami. Dapat kerja baru. Dapat teman baru. “God, you gave me too much,” i said. Terus tuhan jawab, “Santai. Masih ada lagi, brai.”

Belum genap seminggu bekerja sebagai CPNS baru, eh kami diajak outbond oleh bapak ibu PNS Bagian Kesekretariatan. Gimana gak aji mumpung tuh, baru masuk kerja udah kecipratan rekreasi bareng orang2 kantor. Maka berangkatlah kami Jumat kemarin ke tempat Outbond bernama Caldera di Citarik, Sukabumi. Perjalanan pun dikawal oleh polisi fore-rider sehingga bisa lebih cepat dari biasanya. Emang terkesan arogan juga sih main serobot jalur orang, tapi setelah aku baca2 di internet ternyata memang ada UU yang mengatur tentang pengawalan polisi fore-rider tersebut. Jadi bagi pengguna kendaraan yang sebel kalo ada polisi fore-rider lewat sambil mengawal rombongan pejabat, mengadulah kalian sama yang bikin tuh UU, LOL.

Entah karena jalannya licin terkena siraman hujan atau doa2 pengguna jalan yang merasa terzalimi, motor polisi fore-rider rombongan kami terjatuh di tengah perjalanan sehingga rombongan kami pun meneruskan perjalanan tanpa polisi bermotor. Cuma dikawal mobil polisi nampaknya gak ngefek karena ujung2nya kejebak macet juga. Akibatnya perjalanan yang dimulai jam 4 sore itu berakhir sampai jam 10 malam. Sampai di lokasi, kami disambut panitia outbond yang entah ngoceh apa karena badanku sudah capek dan perut keroncongan. Setelah makan malam, kami diantar menuju penginapan berupa saung besar bertingkat dua yang terlihat nature banget. Berhubung tulang punggung dan mata sudah tidak bisa diajak berkompromi lagi, aku pun tepar diikuti teman2 lainnya.

Subuhnya aku terbangun karena riak2 air sungai di samping saung yang sebelumnya kukira rintik2 gerimis. Bangkit dari tempat tidur aku langsung bisa merasakan hembusan angin sejuk yang menerpa wajah. Ketika mentari mulai menebar sinarnya, barulah terlihat hamparan sawah2 menguning dan bulir2 air yang menggantung manja di ujung dedaunan. Alasan lokasi itu dinamakan Caldera pun bisa diketahui setelah melihat perbukitan yang melingkari lokasi outbond tersebut. Oh my god. Inikah Surga? Yang pasti bukan sih karena tuhan udah janji surga bakal jauh lebih indah dari keindahan itu sendiri. Tapi bagiku inilah surga setelah terakhir aku melihat surga dari puncak Gunung Dempo di Pagaralam yang pemandangannya tidak jauh berbeda dengan Citarik.

Friends are friends forever together 'till the end *tsaah

Kegiatan sabtu pagi itu diisi dengan berbagai game outbond yang seru, flying fox dan malamnya ditutup dengan api unggun. Minggu pagi sebelum kami pulang diisi dengan kegiatan rafting/arung jeram dan paint ball. Benar2 kegiatan yang membuat asam laktat bertambah dan otot badan merontah2 minta dipijit. But it’s worthy for some kind of fun. Yang lebih penting lagi dari hasil kegiatan itu adalah menumbuhkan semangat kerja baru dan menambah rasa kekeluargaan bagi kami semua.

Nampaknya ini merupakan awal yang sangat bagus bagiku untuk memulai karir. I said career (karir), not job (pekerjaan). Dalam bukunya, Your Job is Not Your Career, Rene Suhardono mengatakan kalau pekerjaan berbeda dengan karir. Pekerjaan adalah alat yang kita gunakan untuk menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan tetapi karir adalah sesuatu yang kita lakukan berdasarkan passion kita (Passion = Hasrat yang membuat kita merasa bahagia dan memperoleh pencapaian hidup). Banyak orang yang sudah bekerja selama bertahun2 tetapi tidak mengetahui karir mereka sendiri karena mereka terjebak paradigma job, bukan career. Menurut logikaku, hal itu 100% benar. Dan sekarang aku pikir aku sedang dalam pencarian karirku itu. Yeah, pursuit of happiness and fulfilment. And i really enjoy it. Good luck then, Guys :)


NB:
1. Maaf ya kemarin2 gak bisa blogwalking karena eh karena koneksi XL tidak memungkinkan untuk post comments.

2. Berhubung aku sekarang udah berdomisili di Jakarta, klo teman2 blogger Jakarta mau ngopi darat, ajak2 ya, thx.

28 komentar:

  1. wah, sudah dpt kerjaan. sukur deh. yg betah ya. yg rajin juga.ntar gaji pertama jgn lupa traktir kita2. loh?

    BalasHapus
  2. selamat buat kerjaan barunyaa~
    :D

    BalasHapus
  3. jiaaahh..langsung promosi ajak kopdar segala. berarti palembang bicara kehilangan salah satu personil nih!
    semoga nanti ayas ga berubah jadi bapak-bapak berperut buncit. amiin

    BalasHapus
  4. Semangat aja dech buat kerjaan barunya :)

    BalasHapus
  5. waah dapet kerja nih yee semoga nyaman di tempat barunya :p btw ayuk ayuk kopdaran :))

    BalasHapus
  6. asik nih, udah pekerjaan tetap (meski gaji PNS katanya kecil, tapi menurut saya nggak juga), ketemu kerjaan dan teman yang menyenangkan.. dan memang benar, kalo kerja sesuai passion emang nggak kerasa bekerja.

    saya salah satu penggemarnya Rene, dan saya juga punya bukunya soalnya.

    BalasHapus
  7. Selamat ya telah mendapatkan pekerjaan dan selamat menikmati hari2 sbg abdi negara... :D

    BalasHapus
  8. Asyiknya... baru masuk udah dapat pengalaman seru.
    BTW, udah resmi jadi penduduk jakarta sekarang ya..?
    Soal kopdar sih gak usah buru2... toh akan lama tinggal di jakarta hehehe

    BalasHapus
  9. Selamat ya mudah2an sukses
    irjen memang mémerlukan SDM dari berbagai profesi

    Jika mau menyapu bersihkan dulu sapunya krn sapu yang kotor tidak bisa membersihkan

    kantornya di kuningan, kost nya di mana?

    Kantorku di gatot subroto

    BalasHapus
  10. Waaaahhh, selamat yah atas kerjaan barunya. Mantap tuh langsung dapet yang okeh. Tuhan emang punya rencana terbaik untuk setiap orang.

    Btw salam kenal yah. tengkiu loh ah mampir ke blog keluargazulfadhkli. ikutan atuh kuisnya, pan syaratnya gampang ajah :-)

    ya sutra, sekian dulu rumpiannya. kapan2 ekye mampir dimari lagi.

    Salam super!!

    BalasHapus
  11. kayanya outbondnya menarik yah??? hehehe

    BalasHapus
  12. selamat selamat selamat udah dapat kerjaan Calon PNS lagi, inyong ikut bahagia

    BalasHapus
  13. salam sobat
    ikut senang , selamat dapat kerja.
    jangan lupa bersyukur kepadaNYA

    BalasHapus
  14. Waahhh, selamat yaa! Selamat datang di kerjaan baru! Selamat menikmati macetnya Jakarta! Pokoke, selamat semuanya deh! :D

    BalasHapus
  15. kontes dari gw.... hadiahnya selain sertifikat+buku gratisnya, eksis dan terkenal+amal di akherat.

    http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/02/mari-berbuat-suatu-buat-anak-anak.html

    BalasHapus
  16. kunjungan balik sob..
    makasih sudah berkunjung..

    BalasHapus
  17. duh yang udah kerjaaa
    haaahh semoga saya cepat luluusss

    BalasHapus
  18. aii lemaknyo jadi pns ye,moga ayas tuh bisa membuktikan klu tidak semua pns hanya pandai korupsi hehehehe

    BalasHapus
  19. Ah, ternyata dikau sudah di jakarta duluan....*semoga ane cepet nyusul....

    BalasHapus
  20. wah,sekalinya mampir ke blog ayas dapet kabar baik :)
    senangnya....

    selamat ya, ayoo semangat spy karirnya cepat melejit dan bisa sekaya gayus *jgn korupsi*
    heheh.....

    BalasHapus
  21. Ah, Ayas sayang, kok gak ngabari langsung gitu loh. Hehe, maaf ya nak baru tau. Selamat, kamu hebat Yas. Selamat berbakti untuk nusa dan bangsa.

    Bener ya Hen, kita bisa kehilangan satu personil lagi. Ayo kapan kopsus lagi...?

    BalasHapus
  22. semoga karirnya sukses, Amin

    asiknya ikutan outbond.. anyway salam kenal :)

    BalasHapus
  23. Mantab gan Artikelnyaaaaaaaa, bila ada waktu silahkan mampir ke Lombok 7og4nk.

    BalasHapus
  24. Pakai fore-rider biayanya berapa, ya? Sy rencananya mau pakai. Trims.

    BalasHapus
  25. wah selamat ya mas bwt pkerjaan baru'y,,semog krjaan'y betah dan karir'y skss,,

    BalasHapus