Selasa, 23 Oktober 2012

Aaarrrggg!!! Kesiangan...

Seumur-umur rasanya dari sekolah sampe udah kerja seperti sekarang, aku termasuk orang yang ga pernah telat karena bangun kesiangan deh! Aku masih ingat waktu aku sd, sebelum setengah 7 pagi aku udah sampe gerbang sekolah sementara teman-temanku yang lain aku yakin masih dibedakin dan dioelsin minyak kayu putih sama mamanya. Waktu sma, kalau bukan yang pertama datang ke sekolah, setelat-telatnya aku adalah orang kedua atau ketiga yang masuk kelas duluan. Meski datang cepat itu tidak berbanding lurus dengan prestasi di sekolah atau kantor, tapi setidaknya aku cukup disiplin, kok!

Tapi... hari ini lain ceritanya.

Pagi ini aku bangun dengan perasaan yang sangat puas karena tidurku ga pake mimpi. Kata orang, tidur yang baik itu adalah tidur yang ga pake mimpi, entah darimana teori itu berasal yang jelas menurutku benar adanya karena rasanya enak banget pas bangun tadi.

"Oh, baru jam 07.15," aku ngebatin. Hening sejenak. Setelah beberapa detik, otakku baru connect kalo hari ini selasa dan aku sedang ga ngambil cuti. Aaarrrggg!!! Telat....

Sebenarnya bangun jam 7an itu belum bisa dikategorikan telat-telat amat sih, apalagi bagi pns yang hobinya telat. Tapi ini medan, bung! eh, ini jakarta, bang! telat berangkat 15 menit aja, waktu tempuh rumah-kantor udah beda jauh. Makanya aku buru-buru mandi, berpakaian, dan langsung jalan cepat setengah lari cari angkot di depan stasiun tebet. Dan... benar aja, baru keluar gang jam setengah 8, kondisi jalan udah berubah drastis dari 'macet aja' menjadi 'macet buanget.' Hilir-mudik kendaraan udah ga beraturan, suara mobil dan motor pun sudah berharmonisasi dengan klakson angkot dan kopaja. Jalan kaki udah berasa kayak sea walking di tanjung benoa, bedanya kita berada di lautan asap kendaraan segala rupa ditambah bau matahari pagi bercampur keringat yang berbaur dengan aroma menyengat lainnya, salah duanya bau kambing di samping stasiun yang lagi sarapan (kasian si kambing, dia ga tau kalau 4 hari kedepan dia yang bakalan jadi sarapan). Pokoknya, benar-benar suasana yang tidak menyenangkan bagi telaters pengguna jasa angkutan umum seperti daku hari ini.

Nyaris jam setengah 9 ketika jempolku menyentuh mesin absen. Artinya aku udah telat 1 jam. Akh... pengen rasanya masuk kerja jam 8 atau 9 kayak karyawan swasta. Jadi ga terlalu pagi datang ke kantor yang sebenarnya juga belum ada kerjaan. Atau seperti temenku yang jam kerjanya bebas asalkan cukup 8 jam per harinya. Tapi enaknya datang cepat pulangnya cepat juga, dong. Emang hidup selalu ada hitam dan putihnya, ya pemirsa! Yoweslah, siap-siap ngajuin surat telat nih. Gua caw dulu ya!

- Tahukah kamu???- 
"Jam kerja dan uang lembur karyawan swasta diatur di dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja. Dan jam kerja dan uang lembur PNS diatur di dalam PP Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan PMK NOMOR 84/ PMK.02/2011 tentang Standar Biaya Tahun Anggaran 2012 "

6 komentar:

  1. Ayas..
    lama juga aku nggak kesini
    ternyata dikau sudah jadi PNS
    profesi yang mapan
    mapan seluncur, mapan tulis dan mapan pintu

    Keren yow mamen!

    BalasHapus
  2. hehe itu tuh akibatnya begadang..
    :D

    BalasHapus
  3. @mbfanny: iyaa mb

    @itik: itu papa woii!!!

    @andri: hehe...

    BalasHapus
  4. Waah keren
    sudah jadi PNS ya Om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga keren dek dija... kalau udah gede, dija jadi pengusaha aja ya! atau mau jadi ibu rumah tangga aja?

      Hapus