Jumat, 05 Oktober 2012

Disinilah Aku

Haduh... liverpool kalah lagi. Kenapa setiap nonton tim kesayangan satu ini mesti kalah mulu dah. Nampaknya hari kebangkitan liverpool ga bakal datang sampe dibeli orang arab gila bola kayak Syeikh Mansyur. Karena tadi bangun dari jam 2 pagi, pergi ngantor pun dengan sempoyongan @_@

Ngelanjutin cerita kemarin tentang pns, ah. Pada dasarnya pns dibagi menjadi dua, pns daerah yang gajinya berasal dari apbd dan pns pusat yang digaji dari apbn (UU nomor 43 tahun 1999). Adapun jabatan struktural pns daerah itu mulai dari sekda, kepala dinas, pak camat, sampe sekretaris lurah, sedangkan jabatan struktural pns pusat terdiri dari sekretaris jenderal, inspektur jenderal, direktur jenderal, kepala badan, sampe jajaran eselon di bawahnya. Nah, posisi aku adalah di bawah inspektur jenderal, yang unit utamanya disebut inspektorat jenderal (itjen). Sekarang jabatanku adalah calon auditor, karena masih calon dan belum ada slot auditor yang kosong, jadi sementara aku ditempatkan di sekretariat itjen. Auditor di kementerianku tugasnya melakukan pengawasan ke dinas-dinas esdm di seluruh indonesia, artinya setiap bulan mereka harus mengaudit dinas-dinas tersebut. Artinya, keliling indonesia *_*

gedung itjen kesdm
jl. patra kuningan raya no. 1b
Terus sebagian tugas dan fungsi pengawasan di itjen juga dapat dilakukan oleh staf sekretariatnya. Artinya walau ga sering, aku juga kebagian tugas luar kota. Nah, bagian ini nih yang bikin ga bete jadi pns pusat (baca: sekalian jalan-jalan gratis :P). Oiya, yang kumaksud pns pusat bisa santai itu, ya, ga semuanya, karena memang ga semua pns pusat bisa kerja santai seperti pns kebanyakan. Apalagi unit pelaksana seperti direktorat di kementerianku. Contohnya, temen seangkatanku di direktorat, ada yang menangani dua subbagian sekaligus. Ada juga yang stafnya cuma dia sendirian karena direktoratnya masih baru. Pulangnya beneran aja bisa sampe jam 9 malam keatas lho, ngalah-ngalahin karwayan swasta. Tapi... walaupun kerjanya kebanyakan di kantor, sekalinya dapet tugas luar kota, eh, dia ke amerika menghadiri konferensi energi internasional. Ada juga yang ke thailand dan jepang *iri*

Kalo aku dapet tugas luar kota juga ga rugi sih. Misalnya, waktu disuruh sama bos dinas ke batam, selesai dinas ya sekalian aja nyeberang bentar ke singapura. Atau waktu ke aceh, aku juga sempet-sempetin maen ke pulau penang di malaysia (bener kata @trinitytraveler di naked traveler 4 kalau pulau penang bisa menjadi tujuan wisata murah meriah :D). Dan berkat rahmat tuhan yang maha kuasalah, disinilah aku berada.

2 komentar:

  1. aku paling suka kalo bisa dpt tugas ke luar kota. tapi jarang banget terjadi. 'inget pengalaman wkt masih kerja' hehehe

    BalasHapus
  2. iya mb enak bisa sambil mlaku-mlaku :D

    BalasHapus