Kamis, 28 Maret 2013

Sibuk Ala PNS

Heran itu adalah ketika memikirkan pekerjaan yang katanya luar biasa bikin sibuk tapi hasilnya tidak terlihat karena memang tidak ada nilai tambah yang dihasilkan.

Sedikit hitung-hitungan kasar tentang jumlah jam kerja, yuk!

Katakan jam kerja normal kita adalah 8 jam/hari, 5 hari/minggu, dan 4 minggu/bulan. 8x5x4 = 160 jam/bulan.

Dalam rata-rata satu hari, sekitar 2 jam kita gunakan untuk persiapan pagi hari, sarapan, makan siang dan istirahat. 5 jam sisanya kita gunakan untuk melakukan hal-hal yang kita anggap kerja. Entah itu mengisi dokumen, melayani konsumen, membuat laporan, membalas telpon, dan pekerjaan yang merepotkan kita. Dan 1 jam dipakai untuk mengikuti rapat/ membicarakan pekerjaan bersama rekan kerja dan bos. Itupun kebanyakan kita membahas/mendengar pekerjaan yang sedang atau akan dilakukan. Kesempatan kita untuk memikirkan dan mengutarakan ide kita, rasanya ga lebih dari 15 menit.

Kalau benar asumsi (yang sudah dilebih-lebihkan) di atas, berarti otak kita hanya digunakan untuk aktif dan positif hanya 0,25x5x4 = 5 jam/perbulan. Wajarlah kalau budaya kerja kita jalan di tempat dan "perusahaan" tidak bisa berkembang.

Jadi, apakah kamu benar-benar berpikir kalau pekerjaan yang kamu lakukan itu sesuatu yang luar biasa? Atau hanya kumpulan pekerjaan berulang yang tidak penting?

Benarlah kata einstein 50 tahun yang lalu, "gila itu ketika seseorang melakukan sesuatu yang sama berulang-ulang tetapi mengharapkan hasil yang berbeda."

2 komentar:

  1. Balasan
    1. keluar dari zona nyaman, kerjakan hal baru, banyak bertanya, jangan takut berdebat, banyak baca, dsb. (y)

      Hapus