Minggu, 17 Maret 2013

SPT Tahunan

Sekedar mengingatkan bahwa penyampaian SPT Tahunan (Surat Pemberitahuan untuk suatu Tahun Pajak) berakhir sampai 31 maret. Dimana setiap wajib pajak diwajibkan menyampaikan SPT Tahunan melalui drop box/pos ke kpp terdekat ataupun melalui e-filing. Ga usah bingung, selagi kamu masih bisa membaca semua penjelasannya bisa kamu temukan di http://www.pajak.go.id/.

Aneh juga rasanya, sudahlah setiap uang yang kita hasilkan dan keluarkan selalu diikuti dengan pajak, terus kita juga yang harus melaporkan pajak tersebut. Terus kalau tidak menyampaikan SPT akan dikenakan sanksi berupa denda lagi. Kalau menurut pemikiran bodoh saya, sebagai donatur APBN, kita tidaklah perlu repot-repot menyampaikan surat kalau kita sudah membayar pajak. Kenapa ga pemerintah aja yang ngurusin serba-serbi pajak yang sudah kita bayar.

Tapi setelah aku gugling jawabannya, alasan pemerintah adalah agar wajib pajak bisa melakukan self-assessment atas pajaknya sendiri. Jadi, kita bisa menghitung benar ga pajak yang dihitung sama pemerintah. CMIIW. Kalau kelebihan bisa ditagih tuh, tapi apa benar kalau ada kekurangan pajak kita bakal nyetor ke negara? hehe... Selalu aja ada celah yang menuntut kejujuran individu.

2 komentar:

  1. Aku sudah beres dong... kan sudah diurus sama kantor hehehe

    BalasHapus
  2. sayangnya... belom semua ornag kena pajak...
    misalnya pengusaha pengusaha rumahan yang omzetnya gedhe tapi tersembunyi...

    BalasHapus