Senin, 10 Februari 2014

Diklat jfa (jabatan fungsional auditor)

Sudah dua minggu ini aku diklat pembentukan auditor ahli sebagai anggota tim di pusdiklatwas bpkp di ciawi. Disini cuacanya hujan sepanjangan. Ga pagi ga siang ga malam hujannya silih berganti shifit. Anehnya hari ini cerah sepanjangan, bahkan aku dapat menikmati hangat dan indahnya mentari senja disini. Suatu anugerah. 

Balik ngomongin diklat. Aku dan keempat temanku mengikuti diklat ini bersama bapak2 dari tni pusat yang berjumlah 30 orang. Usut punya usut ternyata kelas diklat yang seharusnya berisi 30 orang ini sebenarnya memang dikhususkan untuk bapak2 tni tersebut tapi entah mengapa 5 orang dari kami bisa manjadi "penyusup" hanya tuhan dan yang ngefax nama kami ke itjenlah yang tahu. 

Materi diklatnya tentu saja berhubunan dengan fungsi pengawasan yang dikerjakan auditor internal pemerintah. Mulai pembelajaran tentang kode etik, sistem manajemen, sampai audit case itu sendiri. 

Dengan bergabungnya kami berlima dalam kelas yang katanya khusus dibiayai tni ini, aku khususnya menjadi sedikit banyak mengetahui struktur kepangkatan dan tugas fungsi tni yang dapat kusimpulkan berbeda dengan kementerian pada umumnya. Terlebih lagi dalam sikap dan kedisiplinan. Sebagai contoh, disini setiap selasa s.d. kamis kami dijadwalkan senam pagi, aku dan teman2 lain selaku orang sipil pun malasan2an senamnya. Tidak begitu dengan bapak2 tni, mereka senamnya tiap hari, malah terkadang senam paginya dilanjutkan di sore hari. "Sudah biasa, mas. Kita juga di kantor ada lari paginya," kata seorang perwira teman sekelasku. O.. Pantesan. Jadi, disiplin itu memang dimulai dengan kebiasaan. 

Selain kelas kami, disini ada juga kelas diklat pembentukan auditor ahli dari bpkp daerah dan kepolisian. Ada juga diklat TOT (training of trainer) SPIP ataupun diklat sistem keuangan daerah. 

Harapanku, dengan diklat ini yang akan berakhir tanggal 20 februari nanti dapat meningkatkan hard skill dan soft skill ku dalam mengaplikasikannya di lingkungan pengawasan nantinya. Amiin. 


2 komentar:

  1. maaf mau tanya..bisa berbagi pengalaman ttg diklat fungsional auditor yang sampeyan ikuti kemaren?krn mgkn bbrp bln lagi sy mengikutinya
    makasih

    BalasHapus
  2. maaf mau tanya..bisakah anda berbagi pengalaman ttg diklat fungsional auditor yang sampeyan ikuti?krn bbrp bln lg sy aku mengikutinya
    makasih

    BalasHapus